Detail Informasi Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Universitas Muria Kudus

Periode Kegiatan
Jenis Kegiatan
Nama Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Rencana Kegiatan
Lokasi Kegiatan
Lokasi Sesuai Google Maps
Jumlah Kebutuhan Mahasiswa
Program Studi
Periode Pelaksanaan Kegiatan
s.d.
Kualifikasi Mahasiswa yang Dibutuhkan 1. Mahasiswa aktif perguruan tinggi negeri/swasta di wilayah LLDIKTI VI.
Kompetensi Mahasiswa yang Akan Didapatkan 1. Fisiologi Tumbuhan (3 sks) : mampu menguasai proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman,fase-fase pertumbuhan tanaman, manfaat zat pengatur tumbuh (ZPT) dan menganalisis pertumbuhan tanaman. 2. Pemuliaan Tanaman (3 sks) : (1) Mengetahui istilah-istilah tentang Pemuliaan Tanaman, juga prinsip Dasar Genetika & Mekanisme Pewarisan Sifat; (2) Mengetahui istilah-istilah tentang Hukum Mendel; (3) Mengetahui istilah-istilah tentang Struktur & Ekspresi Gen Secara Molekuler, juga istilah tentang Sumber Daya Genetik untuk Pemuliaan Tanaman; (4) Mengetahui istilah-istilah tentang introduksi dan domestikasi tanaman, system reproduksi; (5) Mengetahui istilah-istilah tentang Metode pemuliaan untuk tanaman menyerbuk sendiri dan dengan penyerbukan silang; (6) Mengetahui istilah-istilah tentang pelepasanan pemasaran hasil pemuliaan. 3. Pembiakan Vegetatif (3 sks) : mampu melakukan perbanyakan bahan tanaman, khususnya perbanyakan tanaman secara vegetatif terutama perbanyakan tanaman vegetatif konvensional. 4. Ekofisiologi (3 sks) : (1)mahasiswa mampu menjelaskan berbagai faktor lingkungan (2) mahasiswa mampu mengidentifikasi sifat fisiologis tanaman yang berkaitan dengan pengaruh faktor lingkungan; (3) mahasiswa mampu menjelaskan ekologi pengontrolan pertumbuhan, reproduksi kemampuan bertahan hidup. 5. Pengelolaan Gulma (3 sks) : (1) mampu mengidentifikasi jenis gulma yang ada di suatu pertanaman, (2) mampu menjelaskan faktor lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan gulma, (3) mampu menjelaskan pengaruh alelopati gulma terhadap tanaman, (4) mampu menjelaskan konsep kompetisi gulma dan tanaman, (5) mampu mengidentifikasi jenis gulma yang mendominasi lahan pertanaman, (6) mampu menjelaskan teknik pengendalian gulma berdasarkan prinsip pertanian berkelanjutan dan mampu mengaplikasikannya pada lahan pertanian secara mandiri dan bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi etika, dan (7) mampu mengaplikasikan pengelolaan gulma dalam suatu budidaya tanaman berdasarkan prinsip pertanian berkelanjutan. 6. Teknologi Konservasi Sumberdaya Lahan (3 sks) : (1) Mampu menguraikan ruang lingkup konservasi sumberdaya lahan (KSL) dan ekosistem DAS. (2) Mampu menjelaskan sifat-sifat tanah dan air sebagai landasan TKSL. (3) Mampu mengidentifikasi proses erosi dan dampaknya pada sumberdaya lahan. (4) Mampu memprediksi dan mengevaluasi laju erosi; (5) Mampu menjelaskan cara/teknik pengendalian erosi dan konservasi sumberdaya lahan. (6) Mampu menyusun strategi upaya konservasi sumberdaya lahan. 7. Hidroponik (3 sks) : (1) mahasiswa mampu menjelaskan, merencanakan dan menerapkan teknologi bercocok tanam tanaman secara hidroponik berdasarkan prinsip budidaya pertanian berkelanjutan. Secara rinci, kemampuan itu adalah (1) mahasiswa mampu menjelaskan konsep hidroponik, macam-macam system hidroponik, media tanam hidroponik, nutrisi hidroponik ; (2) mahasiswa mampu menanam tanaman secara hidroponik; 3) mahasiswa mampu memelihara tanaman ; (4) mahasiswa mampu mengatasai hambatan dalam produksi tanaman secara hidroponik; (5) mahasiswa mampu memanen tanaman secara hidroponik 8. Evaluasi dan Tata Guna Lahan (3 sks): (1) Pentingnya evaluasi lahan dalam perencanaan tata guna lahan; (2) Evaluasi kesesuaian lahan lahan; (3) Dasar-dasar perencanaan tataguna lahan; (4) Kesesuaian lahan untuk pertanian; (5); Perencanaan tataguna lahan di Indonesia; (6) Survey dan pemetaan tanah, interprestasi survey.
Pendanaan
Dokumen Flayer Program BKP yang Dibuka [Lihat]